LAWAR TRADISIONAL BALI




NAMA : I KADEK MAHA GANGGGA

NO : 09

KLS  : IPS XII 6 

Lawar adalah makanan tradisional baliberupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbuiMakanan ini digunakan sebagai sajian dan hidanganserta telah dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan merek lawar Bali makanan tersebut adalah salah satu jenis lauk pauk yang dibuat dari daging yang dicincangsayuransejumlah bumbu-bumbu dan kelapa dan kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar  

Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari. 

Penamaannya bervariasibiasanya berdasarkan jenis daging yang digunakan atau jenis sayurannyaBila yang digunakan daging babi maka lawar yang dihasilkan disebut lawar babiDemikian juga bila yang digunakan sayur nangkamaka lawarnya diberi nama lawar nangka. 

Ada juga pemberian namanya berdasarkan warna lawarnya yaitu lawar merah bila warna lawarnya merahlawar putih bila warna lawarnya putih dan ada lawar yang bernama lawar padamareyaitu sejenis lawar yang dibuat dari campuran beberapa jenis lawarLawar disajikan sebagai teman nasi bersama jenis lauk-pauk lainnya. 

  






SWOT Lawar 


Strengths (kekuatan) 


Selain sebagai pemersatu dalam sebuah acara adatlawar juga baik buat kesehatanDilihat dari bahan penyusunnya yang sebagian besar seperti dagingsayurkelapa dan darahlawar mempunyai kandungan gizi yang tinggiDaging merupakan sumber protein hewaniSedangkan sayuran yang dipakai seperti kacang panjang adalah sumber protein nabati, vitamin, dan mineral. Zat gizi seperti karbohidrat, protein dan lemak berfungsi memperlancar proses fisiologis dalam tubuh karena zat gizi tersebut sebagai sumber energi. Selain itupenggunaan bumbu tradisional dan rempah-rempah juga menjadikan lawar kaya manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. 

Menurut penelitian yang pernah dilakukan Yusa (1996) terhadap lawar sapidiketahui bahwa kandungan protein dalam satu porsi lawar  berkisar antara 8,48 – 11,14 %, lemak 17,98 – 18,54 % dan karbohidrat 3,94 – 6,61 % dengan kandungan air lawar yang cukup tinggi yaitu sekitar 65,21 – 65,63 %. Disamping mengandung zat gizi utama seperti tersebut di atas lawar juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan mineral kalsium (Ca), besi (Fe) dan fosfor (P). Setelah dilakukan perhitungan lebih lanjut untuk setiap 50 g lawar (jumlah lawar yang dikonsumsi setiap hari), nilai energi lawar putih sebesar 114 kkal dan energi lawar merah sebesar 111 kkalDitinjau dari sumbangan energinya maka lawar dapat menyumbangkan sebesar 3,5 % dari konsumsi energi wanita setiap hari (konsumsi energi wanita setiap hari 2714 kkal). 

Bumbu yang digunakan pada pembuatan lawar antara lain bawang putihbawang merahcabailengkuasjahekunirlada dan lainnya mengandung senyawa-senyawa non-giziseperti minyak atsiriantioksidan dan anti mikroba yang berfungsi meningkatkan citarasa lawarmencegah proses oksidasi dan menghambat atau membunuh mikroba. 


Weaknesses (kelemahan) 


Lawar merupakan kuliner yang tidak bisa awet lebih dari satu hariLawar yang sudah lewat dari satu hari biasanya rasanya akan asam dan tidak layak konsumsiUntuk itujika sudah membuat lawar biasanya langsung dikonsumsi tidak melebihi satu hari. 

jika ingin mengonsumsi lebih dari satu harilawar bisa dibungkus dengan daun pisangSetelah itu dikukus sampai matang menggunakan daun pisang hingga berwarna kecokelatanNamun pengukusan harus dilakukan setiap saat agar awetnya terjagaSelain itu juga bisa dimasukkan ke lemari es. 


Opportunities (peluang) 


Dalam menciptakan peluang usaha pengolahan makanan khas daerah banyak faktor yang berpengaruhdiantaranya adalah 

a. Ide Usaha 

Beberapa faktor yang dapat memunculkan ide usaha diantaranya dapat di bagi menjadi duayaitu faktor internal dan faktor eksternal. 

1. Faktor Internal 

Faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri. Yang termasuk kedalam faktor internal diantaranya adalah: 

Pengetahuan yang dimiliki 

Pengalaman yang pernah dilalui 

Kemampuan untuk melihat dan menjadikan pengalaman orang lain sebagai pelajaran 

Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri. 

Faktor internal seseorang dapat menimbulkan kreatifitas yang menjadi ide dalam menciptakan suatu inspirasi produk untuk memanfaatkan alam sekitarnya agar menjadi peluang usaha. 

Faktor Eksternal 

 

Faktor eksternaladalah halhal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan sebuah inspirasi bisnisseperti: 

Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan 

Kesulitan yang dihadapi seharihari 

Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain 

Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru 


Threats (ancaman) 


Resiko usaha adalah kegagalan atau ketidak berhasilan dalam menangkap peluang usaha. 

Dalam usaha makanan khas daerahresiko untuk mengalami kerugian bahkan kebangkrutan terbuka lebarOleh karena itu sebelum memulai usahakita harus menganalisa risiko yang ada. 

Risiko usaha dapat timbul atau diakibatkan oleh: 

 

Permintaan (perubahan mode, seleradan daya beli) 

Perubahan kongjungtur (perubahan kondidi perekonomian yang pasang surut) 

Persaingan 

 

Tujuan  


Mampu menjangkau calon konsumen dengan biaya yang lebih murah. 

Mampu melacak dan mengukur data respon konsumen terhadap aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan. 

Mampu menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar baru. 

Menyajikan promosi yang lebih menarik. 

Mempermudah proses pembelian dibandingkan dnegan sistem offline. 

Persinalisasi pemasaran untuk tiap calon konsumen. 

One-on-one marketing. 

Twenty-four-hour marketing. 

 




5W+1H  


WHAT = Produk yang dibuat adalah lawar 

WHEN = makanan ini mulai terkenal di daerah bali  

WHERE = makanan ini berasal dari bali 

WHY = Karena makanan ini menyehatkan bagi tubuh  

WHO = makanan ini dapat dikonsumsi siapa saja dari kalangan mana saja 

HOW = makanan itu sangantlah mudah untuk dibuat dengan cara mencapurkan parutan kepala dan di tambahankan bumbu dan darah ayam 


 

Komentar